Rabu, 17 Juli 2013

Miracle Fruit Yang Mudah Dibudidayakan

Miracle fruit  merupakan tumbuhan buah ajaib yang belakangan ini sudah sangat terkenal di pelosok negeri. Buah ajaib ini memang menjadi buruan dari banyak orang lantaran kemampuan yang dimilikinya dalam mengubah rasa di lidah menjadi lebih manis. Maka dari itu, miracle fruit yang berasal dari Afrika Barat ini selalu dimanfaatkan orang yang sedang menjalani diet gula atau para penderita diabetes. Buah ajaib ini berbentuk seperti melinjo dengan warna yang merah.

Miracle fruit diadaptasi dari nama latinnya, Synsepalum Dulcificum. Hingga sekarang ini, buah ajaib terbilang cukup mudah untuk dibudidayakan, salah satunya adalah Sentra Tani Bogor yang sudah membuktikan hal tersebut. Sebenarnya, miracle fruit ini sudah ada di Tanah Air sejak sepuluh tahun yang lalu. Akan tetapi baru populer beberapa tahun belakangan ini. Sementara itu, Sentra Tani Bogor baru mulai membudidayakannya sejak tahun 2007 silam.

Miracle fruit memang mendulang sukses di mata dunia berkat efek pengubah rasa manis yang dimilikinya. Setelah diteliti, rasa manis yang dihasilkannya itu berasal dari zat miraculin, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk diet, tanpa harus mengonsumsi gula. Harga jual buah ajaib ini memang masih terbilang tinggi. Miracle fruit berukuran 30 cm dibanderol dengan harga Rp. 90.000, setinggi 50 cm Rp. 130.000, sementara itu pohon-pohon yang sudah berbuah lebat bisa dijual seharga Rp. 350.000 hingga Rp. 500.000.

Maka dari itu sudah banyak sekali para pengusaha yang ingin membudidayakan buah ajaib ini. Bahkan, disebut-sebut jika omset perbulannya bisa mencapai Rp. 15 juta. Menurut Sentra Tani Bogor, para peminat dari buah unik ini adalah kolektor tanaman yang berasal dari Bali, Jakarta, Bekasi, Kalimantan, hingga ke Pulau Sulawesi. Banyak di antara pembeli yang ingin menanamnya sendiri di rumah untuk keperluan konsumsi, tetapi tidak jarang juga ada orang yang ingin menjualnya kembali.

Miracle fruit mampu membantu para penderita diabetes sehingga bisa mengecap rasa manis tanpa menggunakan gula apapun, baik gula pasir, gula batu, gula merah, dan sebagainya. Maka dari itu tanaman unik ini tengah naik daun. Buah ajaib ini bisa dibudidayakan pada daerah-daerah yang bercuaca panas ataupun dingin. Sementara itu proses pemberian pupuk kandangnya juga cukup diberikan satu kali saja dalam sebulan.

Sekian dulu posting artikelnya. Jangan lupa lihat juga artikel humor lucu dan cerita lucu di blog ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.