Jumat, 15 Maret 2013

Jakarta Biang Kemacetan

Kondisi macet mungkin sudah suatu bagian kata yg rutin dan biasa bagi penduduk di ibu kota ini. Setiap hari apalagi nih sekitar jam-jam pergi dan pulang kerja. Jalan raya bisa dibilang selalu saja jadi macet sering parah ancur. Dari info yg sering kita baca disebut bahwa banyaknya kendaraan mobil sekarang ini memang sih sudah melebihi daya tampung dari ruas jalan yang ada. Tapi tidak juga kendaraan mobil tapi sekarang jumlah sepeda motor yang juga udah sangat banyak banget sih. Ini akhirnya yg buat jadinya awut-awutan. Mau gimana coba sekarang tinggal di Jakarta kondisi tiap harinya.

Umpama pas musim ujan pas lebat pasti itu hampir semua saluran air yang macet tersumbat atau sungai jadi meluap banjir parah. Ini sebetulnya memang masyarakat kota sendiri lah yg buang sampah sembarangan. Kebiasaan dan budaya ini sangat sulit untuk dirubah. Belum lagi dengan curah air dari beberapa kali dari sekitar Jakarta. Penyebabnya karena kurang tertata serapan terutama pada bagian hulu dari sungai yg memang tidak benar. Juga akibat sampah kita yg memang tinggi menumpuk di kali parah banget.

Andaikan kita pikir-pikir mau gimana coba jalan keluarnya? Bisa dibilang ini cuma sekedar pembahasan saja sih. Kalau menurut saya pemecahan nya sih kita sepertinya masih hanya bisa pasrah dan bersabar gitu. Dulu banget sih beberapa gosip rencana untuk memindahkan ibukota tapi kayanya sih ini ga mungkin lah. Yah karena tidak bakalan lah segampang itu seperti yg dipikir orang. Ada juga belum lama ini dgn cara menaikkan DP dari kredit motor dan mobil. Dengan tujuan ingin coba mengurangi keinginan orang membeli mobil dan motor. Dulu kan cuma dengan uang muka sekedarnya lah kita udah bisa membawa pulang mobil baru. Ya sekarang sih udah tidak mudah lagi lah. Beberapa tahun lalu Pemerintah DKI sudah melakasanakan solusi seperti contohnya menyediakan untuk busway. Solusi ini sih udah dilaksanakan dan betul manfaat positif oleh masyarakat Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.